Kamis, 02 April 2020

Produktif dan berkarya dari rumah Versi Mas Gun


Bismillah....

Dua pekan #dirumahaja membuat hidup kita seakan berubah. Perubahan yang tidak pernah kita rencanakan sebelumnya. Namun, mau tidak mau harus kita terima, karena direncanakan atau tidak, perubahan itu tetap terjadi, bukan? Ia memaksa kita untuk beradaptasi, melampaui batas-batas diri yang mungkin belum pernah kita lewati.

Sulit? Sudah pasti. 

Makin hari rindu akan aktivitas normal pun makin tak bisa dihindari. 

Tapi jika kita terus menerus menggerutu seperti ini, rasanya sayang sekali melewati hari-hari yang tak lagi di isi dengan hal baik. Melalui ini mungkin Allah ingin kita bisa belajar untuk lebih bersabar lagi, untuk bersyukur lebih banyak lagi, dan tumbuh dengan lebih baik lagi.

Beruntung nya disaat-saat seperti ini banyak komunitas yang berlomba membuat kelas produktif, salah satunya kelas yang dibuat @cukupdarirumah. Kelas kali ini mengangkat tema produktif dan berkarya dari rumah dengan pemateri yang MasyaAllah tak di ragukan lagi jam terbangnya ; Kurniawan Gunadi atau biasa disapa Mas Gun.

Dikelas itu Mas Gunun menyampaikan bahwa kita bisa kok untuk tetap produktif dan berkarya dari rumah, karena Mas Gun pun sudah membuktikannya sendiri dari tahun 2014. 

Yang pertama kali harus kita lakukan agar tetap produktif adalah :

1. Adaptasi ritme
Beradaptasi pada segala rutinitas yang saat ini kita lakukan dari rumah. Pelan-pelan saja nikmati segala perubahan demi perubahan, lama-lama kita juga akan terbiasa dengan sendirinya. Tapi tetap di awal kita harus menerima dan berusaha menyesuaikan segala sesuatunya.

2. Self Discipline
Tanyakan pada diri kita, sudahkah memiliki self Discipline yang baik? Jika belum coba paksa diri kita untuk bisa memiliki self Discipline di fase sekarang ini. Karena ini penting, kebaikan tak akan bisa kita bentuk jika tidak kita biasakan.

3. Development Plan 
Hal yang tak kalah penting, tanpa sadar terkadang kita sangat pelit untuk men-develoment diri kita sendiri, entah dengan beli buku atau ikut kelas berbayar. Dan enggan melakukan assigment terhadap diri sendiri. Sesekali coba sempatkan membaca jurnal untuk membuat kita lebih open mind dalam menyikapi segala sesuatu, dan sesekali sempatkan bersilaturahmi karena dengan itu kita bisa memperluas jaringan networking, banyak kebaikan dari luasnya jaringan yang kita miliki.

Jadi, kita bisa tetap produktif dan berkarya meski dari rumah, kuncinya ada di kita, mau atau enggak. Karena tidak ada tips lain selain keinginan yang kuat.

Setelah itu evaluasi diri dari hari ke hari, sudah lebih baik kah dari yang kemarin?


--
Semoga bermanfaat^^
Tetap #dirumahaja yaaa
Jangan lupa cuci tangan sebelum makan:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

authorBukan siapa-siapa, hanya fakir ilmu yang dipertemukan denganmu melalui tulisan disini ✌.
Learn More →



"Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain."(HR.Thabrani dan Daruquthni),