Minggu, 08 April 2018

Kenapa masuk RCO?

Pict by Google


Memberikan alasan adalah salah satu hal yang agak sulit untuk segelintir orang, termasuk saya. Alasan pasti ada, tapi entah mengapa jika diungkapkan, saya sendiri tak bisa menjabarkan lebih dari tiga kata, yaitu hanya dengan "InsyaAllah ini baik" selesai. 

Tambahin lagi deh, biar ga dimarahin pije. 

Kalau pertanyaannya kenapa masuk RCO, jawabannya karena insyaAllah RCO adalah kegiatan yang baik. RCO adalah singkatan dari reading challenge odop. Dari nama kegiatannya saja sudah dapat disimpulkan bahwa RCO adalah kegiatan yang insyaAllah baik, karena mengajak kita membiasakan diri untuk membaca buku setiap hari.

Saya sengaja menulis ini setelah seminggu masuk kedalam RCO, karena memang niatnya saya bukan ingin menulis tentang alasan masuk RCO, tapi tentang alasan mengapa saya harus bertahan di Istana buku ini sampai lulus.

Alasan pertama mengapa saya harus bertahan adalah karena melalui RCO saya belajar mencari/membuat kesimpulan dari halaman-halaman yang kita baca atau kalau bahasa kerennya adalah membuat quotes. Quotes tersebut wajib dituliskan di laporan harian, oleh karena itu saya jadi lebih sering membuat quotes dari buku bacaan dan menuliskannya di buku catatan. Kalau dulu biasanya saya baca buku yaa baca saja, paling hanya membawa oleh-oleh sekedarnya setelah selesai membaca, kalau sekarang bawa oleh-olehnya banyak, karena menyimpulkannya bukan hanya di akhir cerita namun di setiap halaman-halaman yang dibaca. Dan oleh-olehnya bukan hanya sekedar pelajaran dari kisahnya saja, melainkan juga dapat pelajaran dalam merangkai kata-kata menjadi satu cerita.

Alasan kedua, saya terkadang bingung dalam memilih buku bacaan, sampai-sampai saya harus membuka beberapa blog teman-teman yang menuliskan resensi buku untuk memutuskan membaca buku apa. Nah, Alhamdulillah setelah ikut RCO saya jadi memiliki beberapa list buku yang harus dibaca karena merasa terekomendasi dari quotes-quotes yang mereka tuliskan dilaporan, tak perlu bingung-bingung lagi dalam mencari rekomendasi buku bacaan. Hehe

Alasan ketiga, tak ada alasan untuk tidak bertahan di istana buku ini, karena diam-diam saya juga mau hadiah buku dari para pije. hehe pisssss

Udah deh segitu aja... Selamat membaca ya, selamat menjelajah dunia lewat aksara. Semoga Allah menitipkan ilmu-ilmu yang bermanfaat melalui buku-buku yang kita baca. :)

2 komentar:

About

authorBukan siapa-siapa, hanya fakir ilmu yang dipertemukan denganmu melalui tulisan disini ✌.
Learn More →



"Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain."(HR.Thabrani dan Daruquthni),